Cara
membuat permainan Ular tangga
Saat anda kecil pasti sering memainkan jenis permainan ini.
Ular Tangga adalah jenis permainan di mana pemain menggerakkan karakternya
sesuai dengan nilai dadu. Apabila karakter menyentuh tangga bagian bawah maka karakter
akan bergerak ke atas sampai ujung bagian atas tangga. Apabila karakter
menyentuh kepala ular maka karakter akan turun sampai ekor ular. Pada tutorial
kali ini kita akan membuatnya untuk dimainkan oleh 2 orang.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Klik tombol Insert Layer di timeline sebanyak 4 kali. Ubah nama masing-masing layer berdasarkan urutan paling atas menjadi script, pemain, ular tangga, angka, kotak.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Klik tombol Insert Layer di timeline sebanyak 4 kali. Ubah nama masing-masing layer berdasarkan urutan paling atas menjadi script, pemain, ular tangga, angka, kotak.
3. Klik frame 1 layer kotak. Buatlah
sebuah persegi di stage. Seleksi persegi tersebut dan tekan F8. Pada panel yang
muncul masukkan kotak sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan
titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
4. Buka panel library dengan menekan Ctrl+L pada keyboard. Drag movie clip kotak di panel library ke stagehingga movie clip kotak di stage berjumlah 100.
5. Klik salah satu kotak dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan kotak1 sebagai instace name. Klik salah satu kotak lagi dan berikan kotak2 sebagai instace name. Lakukan hal ini pada seluruh movie clip kotak hingga masing-masing movie clip kotak memiliki instance name.
6. Letakkan seluruh movie clip kotak seperti gambar di bawah ini dan perhatikan instace name penempatannya:
4. Buka panel library dengan menekan Ctrl+L pada keyboard. Drag movie clip kotak di panel library ke stagehingga movie clip kotak di stage berjumlah 100.
5. Klik salah satu kotak dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan kotak1 sebagai instace name. Klik salah satu kotak lagi dan berikan kotak2 sebagai instace name. Lakukan hal ini pada seluruh movie clip kotak hingga masing-masing movie clip kotak memiliki instance name.
6. Letakkan seluruh movie clip kotak seperti gambar di bawah ini dan perhatikan instace name penempatannya:
7. Klik frame 1 layer angka. Buatlah
10 buah static text bertuliskan angka dari 1-100 dan tempatkan seperti pada
gambar di bawah ini :
8. Klik frame 1 layer ular tangga.
Buatlah 4 buah tangga (gunakan line tool untuk
membuatnya) dan 4 buah ular (gunakan brush tool dengan
tebal garis 10 untuk membuatnya) seperti gambar di bawah ini dan juga
perhatikan penempatannya :
9. Klik frame 1 layer pemain.
Buatlah sebuah lingkaran kecil berwarna merah. Seleksi lingkaran tersebut dan
tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan pemain1 sebagi name dan movie clip
sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu
tekan ok.
10. Seleksi movie clip pemain1 dan masukkan pemain1 sebagai instance name pada panel properties.
11. Buatlah sebuah lingkaran kecil berwarna biru. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan pemain2 sebagi name dan movie clip sebagi type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
12. Seleksi movie clip pemain2 dan masukkan pemain2 sebagai instance name pada panel properties.
13. Buatlah sebuah objek seperti gambar di bawah ini :
10. Seleksi movie clip pemain1 dan masukkan pemain1 sebagai instance name pada panel properties.
11. Buatlah sebuah lingkaran kecil berwarna biru. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan pemain2 sebagi name dan movie clip sebagi type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
12. Seleksi movie clip pemain2 dan masukkan pemain2 sebagai instance name pada panel properties.
13. Buatlah sebuah objek seperti gambar di bawah ini :
14. Seleksi objek tersebut dan tekan
F8. pada panel yang muncul masukkan dadu_btn sebagi name dan movie clip sebagai
type lalu tekan ok.
15. Seleksi movie clip dadu_btn di stage dan masukkan dadu_btn sebagai instance name pada panel properties.
16. Klik 2 kali movie clip dadu_btn untuk masuk ke dalam stagenya. Seleksi frame 2 sampai frame 7 dan tekan F6 pada keyboard.
15. Seleksi movie clip dadu_btn di stage dan masukkan dadu_btn sebagai instance name pada panel properties.
16. Klik 2 kali movie clip dadu_btn untuk masuk ke dalam stagenya. Seleksi frame 2 sampai frame 7 dan tekan F6 pada keyboard.
17. Ubah bentuk objek di frame 2
menjadi seperti di bawah ini :
18. Ubah bentuk objek di frame 3
menjadi seperti di bawah ini :
19. Ubah bentuk objek di frame 4
menjadi seperti di bawah ini :
20. Ubah bentuk objek di frame 5
menjadi seperti di bawah ini :
21. Ubah bentuk objek di frame 6
menjadi seperti di bawah ini :
22. Ubah bentuk objek di frame 7
menjadi seperti di bawah ini :
1
|
stop();
|
24. Tekan Ctrl+E untuk kembali
ke stage scene
1. Klik frame 1 layer pemain dan buatlah sebuah buttonbertuliskan Jalankan. Seleksi button tersebut dan masukkan jalankan_btn sebagai instance
name pada panel properties.
25. Buatlah sebuah dynamic text dengan Var giliran tampil.
26. Tempatkan seluruh objek yang dibuat tadi seperti gambar di bawah ini :
25. Buatlah sebuah dynamic text dengan Var giliran tampil.
26. Tempatkan seluruh objek yang dibuat tadi seperti gambar di bawah ini :
27. Seleksi frame 2 dan 3 pada layer
script dan pemain lalu tekan F7. Klik frame 2 layer pemain dan buatlah
sebuah button bertuliskan Coba lagi. Seleksi button tersebut dan masukkan coba_lagi sebagi instance name
di panel properties.
28. Masih di frame 2 layer pemain, buatlah sebuah static text bertuliskan Pemain 1 menang. Tempatkan static text dan button di frame 2 layer pemain seperti gambar di bawah ini :
28. Masih di frame 2 layer pemain, buatlah sebuah static text bertuliskan Pemain 1 menang. Tempatkan static text dan button di frame 2 layer pemain seperti gambar di bawah ini :
29. Klik frame 2 layer pemain dan
buatlah sebuah button bertuliskan Coba lagi. Seleksi button tersebut dan masukkan coba_lagi sebagi instance name
di panel properties.
30. Masih di frame 2 layer pemain, buatlah sebuah static text bertuliskan Pemain 2 menang. Tempatkan static text dan button di frame 2 layer pemain seperti gambar di bawah ini :
30. Masih di frame 2 layer pemain, buatlah sebuah static text bertuliskan Pemain 2 menang. Tempatkan static text dan button di frame 2 layer pemain seperti gambar di bawah ini :
31. Klik frame 1 layer script dan
tekan F9. Pada panel actions yang
muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90
91
92
93
94
95
96
97
98
99
100
101
102
103
|
stop();
dadu = 0;
ubah_nilai = 0;
waktu_ganti = false;
giliran = "pemain1";
pemain1.nomor = 0;
pemain2.nomor = 0;
pemain1.temp_nomor = 0;
pemain2.temp_nomor = 0;
jalankan_btn.enabled = false;
jalankan_btn._alpha = 20;
onEnterFrame =
function ()
{
giliran_tampil =
giliran;
trace(dadu);
};
dadu_btn.onPress = function() {
if (this._currentframe
== 1) {
this.gotoAndStop(random(6)+2);
jalankan_btn.enabled = true;
jalankan_btn._alpha = 100;
dadu = 0;
}
if (this._currentframe>1) {
dadu = this._currentframe-1;
}
};
jalankan_btn.onPress = function() {
if (giliran
== "pemain1")
{
pemain1.nomor += dadu;
}
if (giliran
== "pemain2")
{
pemain2.nomor += dadu;
}
ganti_pemain();
dadu_btn.gotoAndStop(1);
jalankan_btn.enabled = false;
jalankan_btn._alpha = 20;
};
for (i=1; i<3; i++) {
_root["pemain"+i].onEnterFrame = function() {
ulartangga();
if (this.temp_nomor<this.nomor) {
this.temp_nomor++;
}
this._x = _root["kotak"+this.temp_nomor]._x;
this._y = _root["kotak"+this.temp_nomor]._y;
};
}
function
ganti_pemain() {
waktu_ganti = true;
if (waktu_ganti
== true &&
giliran == "pemain1") {
giliran = "pemain2";
waktu_ganti = false;
}
if (waktu_ganti
== true &&
giliran == "pemain2") {
giliran = "pemain1";
waktu_ganti = false;
}
}
function
ulartangga() {
for (i=1; i<3; i++) {
if (_root["pemain"+i].temp_nomor == _root["pemain"+i].nomor) {
//tangga
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak7)) {
_root["pemain"+i].nomor = 36;
_root["pemain"+i].temp_nomor = 36;
}
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak40)) {
_root["pemain"+i].nomor = 59;
_root["pemain"+i].temp_nomor = 59;
}
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak45)) {
_root["pemain"+i].nomor = 78;
_root["pemain"+i].temp_nomor = 78;
}
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak53)) {
_root["pemain"+i].nomor = 71;
_root["pemain"+i].temp_nomor = 71;
}
//ular
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak49)) {
_root["pemain"+i].nomor = 13;
_root["pemain"+i].temp_nomor = 13;
}
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak64)) {
_root["pemain"+i].nomor = 23;
_root["pemain"+i].temp_nomor = 23;
}
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak89)) {
_root["pemain"+i].nomor = 5;
_root["pemain"+i].temp_nomor = 5;
}
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak97)) {
_root["pemain"+i].nomor = 66;
_root["pemain"+i].temp_nomor = 66;
}
//menang
if (_root["pemain"+i].hitTest(_root.kotak100)) {
gotoAndStop(i+1);
}
}
}
}
|
32. Klik frame 2 layer script dan
tekan F9. Pada panel actions yang
muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
|
stop();
coba_lagi.onPress = function() {
gotoAndStop(1);
};
|
33. Klik frame 3 layer script dan
tekan F9. Pada panel actions yang
muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
|
stop();
coba_lagi.onPress = function() {
gotoAndStop(1);
};
|
34. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat
hasilnya.
Tekan tombol Putar dadu terlebih dahulu lalu tekan tombol Jalankan
No comments:
Post a Comment